Media Sosial : Definisi, Jenis dan, Ciri Media Sosial
Definisi Media Sosial
Media Sosial secara definisi memiliki artian yang cukup luas. Oleh karena itu, para ahli memiliki definisi-definisi yang sedikit berbeda satu sama lain. Berikut adalah definisi atau pengertian dari media sosial menurut para ahli :
1. Lisa Buyer (The Buyer Group)
Lisa Buyer mendefinisikan media sosial sebagai bentuk hubungan masyarakat (humas) yang paling transparan, menarik dan interaktif pada saat ini
2. Marjorie Clayman (Clayman Advertising, Inc.)
Marjorie Clayman mendefinisikan media sosial sebagai alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
3. Sam Decker (Mass Relevance)
Sam Decker mendefinisikan media sosial sebagai konten dan interaksi digital yang dibuat oleh dan antara orang yang satu dengan yang lainnya
4. Chris Garrett (Chrisg.com)
Chris Garrett mendefinisikan media sosial sebagai alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
Selain menurut para ahli, adapun definisi media sosial menurut wikipedia yaitu :
Sosial media adalah alat berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar/video dalam komunitas dan jaringan virtual.
Jadi, secara umum media sosial dapat diartikan sebagai sebuah wadah yang memudahkan pengguna/user untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, berhubungan, berpartisipasi , dan membuat sebuah isi (seperti blog atau forum) secara tidak langsung atau online.
Jenis-jenis Media Sosial
Media sosial memiliki berbagai ragam dan jenis sesuai dengan pengaplikasian serta kegunaannya. Berikut adalah jenis-jenis media sosial beserta fungsi, kegunaan dan contoh-contoh nya:
1. Media Sosial Video Sharing (Berbagi Video)
Media sosial ini berfungsi sebagai wadah untuk menampilkan video yang diunggah oleh pengguna/user serta menyediakan streaming video yang beragam secara audio visual. Video yang disediakan sangatlah banyak, beberapa contohnya adalah video musik, hiburan, berita dll. Sejauh ini, media sosial video sharing yang paling populer adalah Youtube. Beberapa pengguna/user di youtube bahkan dapat meraup untung yang besar dengan menampilkan iklan-iklan di video mereka. Adapun beberapa contoh media sosial video sharing yang lain adalah vimeo, daily motion dan mivo.tv
2. Aplikasi Media Sosial Mikroblog
Aplikasi mikroblog termasuk yang paling mudah digunakan dibanding program-program medsos lainnya. Cukup hanya dengan menginstall aplikasinya dan adanya jaringan internet saja sudah cukup untuk mengakses Aplikasi Media Sosial Mikroblog ini. Di Indonesia terdapat dua Aplikasi Medsos Mikroblog yang sangat populer antara lain twitter dan tumblr.
3. Aplikasi Media Sosial Berbagi Jaringan Sosial
Aplikasi ini memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi, berhubungan, dan berorganisasi secara online. Pada penerapannya, tidak disarankan untuk menggunakan Aplikasi Jaringan Sosial menyangkut urusan pekerjaan atau profesi. Aplikasi Jaringan Sosial ini lebih mengutamakan berkomunikasi atau berhubungan secara santai dan pribadi seperti mengakrabkan diri kepada sanak saudara, keluarga, teman dll. Contoh Aplikasi Media Sosial Berbagi Jaringan Sosial yang populer di indonesia adalah Facebook, path dan google+.
4. Aplikasi Berbagi Jaringan Profesional
Pengguna atau user dari aplikasi berbagi jaringan profesional biasanya adalah kaum terpelajar seperti mahasiswa, pengamat dan peneliti. Tidak jarang juga beberapa siswa-siswa mengakses aplikasi ini. Mereka yang mengakses aplikasi berbagi jaringan profesional ini bisa disebut juga kalangan akademik yang berpengaruh dalam pembentukan opini masyarakat. Oleh karena itu, jenis aplikasi ini sangat cocok untuk menawarkan dan menyebarkan misi dibidang perdagangan yang banyak memerlukan telaah materi serta hal-hal yang memerlukan perincian data. Aplikasi ini juga efektif untuk menyebarkan dan mensosialisasikan perundang-undangan atau peraturan-peraturan lainnya. Beberapa aplikasi jaringan profesional yang cukup populer di Indonesia antara lain LinkedIn, Scribd dan Slideshare.
5. Aplikasi Berbagi Foto
Di Indonesia aplikasi berbagi foto ini sangat populer. Salah satu contoh yang paling berpengaruh adalah Instagram. Saat ini ketenaran instagram hampir mengalahkan jejaring sosial facebook karena aplikasi ini hanya fokus menampilkan foto, jadi konten tulisan dan foto tidak campur aduk seperti pada jejaring sosial facebook. Aplikasi berbagi foto lain yang banyak digunakan oleh orang-orang terutam di Indonsia antara lain Pinterest, Picasa dan Flickr.
Ciri dan Kelebihan Media Sosial
1. Ciri Media Sosial
Media Sosial memiliki Ciri-ciri berikut :
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya ditujukan untuk satu orang saja
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui Gatekeeper
- Pesan yang disampaikan lebih cepat tersebar atau sampai kepada pengguna dibanding media-media lainnya
2. Kelebihan Media Sosial
Media Sosial memiliki banyak kelebihan dibanding media-media lainnya antara lain :
- Media sosial memiliki kelebihan dibidang kesederhanaan karena lebih mudah digunakan dibanding media konvensional karena hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet, sementara pada media konvensional dibutuhkan keterampilan tinggi dan keterampilan marketing yang unggul.
- Media sosial dapat membangun hubungan. Dibanding dengan media tradisional yang hanya melakukan komunikasi satu arah, media sosial dapat menyediakan wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan secara mudah dan tak terbatas.
- Media sosial dapat menjangkau segala tempat secara global dengan cepat dan mudah. Media tradisional pada penerapannya juga dapat menjangkau secara global, namun diperlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu Media sosial memiliki keunggulan dibidang jangkauan secara global.
- Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur dengan baik. sehingga instansi/perusahaan dapat mengetahui keefektifan promosi secara langsung. Jika dibandingkan dengan Media Tradisional, Media Sosial membutuhkan waktu yang lebih singkat dalam pengiriman pesan.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
http://www.trigonalmedia.com/2015/08/pengertian-media-sosial-menurut-para.html
http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/01/15/buku-media-sosial-kementerian-perdagangan-id0-1421300830.pdf
Media Sosial secara definisi memiliki artian yang cukup luas. Oleh karena itu, para ahli memiliki definisi-definisi yang sedikit berbeda satu sama lain. Berikut adalah definisi atau pengertian dari media sosial menurut para ahli :
1. Lisa Buyer (The Buyer Group)
Lisa Buyer mendefinisikan media sosial sebagai bentuk hubungan masyarakat (humas) yang paling transparan, menarik dan interaktif pada saat ini
2. Marjorie Clayman (Clayman Advertising, Inc.)
Marjorie Clayman mendefinisikan media sosial sebagai alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
3. Sam Decker (Mass Relevance)
Sam Decker mendefinisikan media sosial sebagai konten dan interaksi digital yang dibuat oleh dan antara orang yang satu dengan yang lainnya
4. Chris Garrett (Chrisg.com)
Chris Garrett mendefinisikan media sosial sebagai alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
Selain menurut para ahli, adapun definisi media sosial menurut wikipedia yaitu :
Sosial media adalah alat berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar/video dalam komunitas dan jaringan virtual.
Jadi, secara umum media sosial dapat diartikan sebagai sebuah wadah yang memudahkan pengguna/user untuk berkomunikasi, mendapatkan informasi, berhubungan, berpartisipasi , dan membuat sebuah isi (seperti blog atau forum) secara tidak langsung atau online.
Jenis-jenis Media Sosial
Media sosial memiliki berbagai ragam dan jenis sesuai dengan pengaplikasian serta kegunaannya. Berikut adalah jenis-jenis media sosial beserta fungsi, kegunaan dan contoh-contoh nya:
1. Media Sosial Video Sharing (Berbagi Video)
Media sosial ini berfungsi sebagai wadah untuk menampilkan video yang diunggah oleh pengguna/user serta menyediakan streaming video yang beragam secara audio visual. Video yang disediakan sangatlah banyak, beberapa contohnya adalah video musik, hiburan, berita dll. Sejauh ini, media sosial video sharing yang paling populer adalah Youtube. Beberapa pengguna/user di youtube bahkan dapat meraup untung yang besar dengan menampilkan iklan-iklan di video mereka. Adapun beberapa contoh media sosial video sharing yang lain adalah vimeo, daily motion dan mivo.tv
2. Aplikasi Media Sosial Mikroblog
Aplikasi mikroblog termasuk yang paling mudah digunakan dibanding program-program medsos lainnya. Cukup hanya dengan menginstall aplikasinya dan adanya jaringan internet saja sudah cukup untuk mengakses Aplikasi Media Sosial Mikroblog ini. Di Indonesia terdapat dua Aplikasi Medsos Mikroblog yang sangat populer antara lain twitter dan tumblr.
3. Aplikasi Media Sosial Berbagi Jaringan Sosial
Aplikasi ini memungkinkan orang-orang untuk berkomunikasi, berhubungan, dan berorganisasi secara online. Pada penerapannya, tidak disarankan untuk menggunakan Aplikasi Jaringan Sosial menyangkut urusan pekerjaan atau profesi. Aplikasi Jaringan Sosial ini lebih mengutamakan berkomunikasi atau berhubungan secara santai dan pribadi seperti mengakrabkan diri kepada sanak saudara, keluarga, teman dll. Contoh Aplikasi Media Sosial Berbagi Jaringan Sosial yang populer di indonesia adalah Facebook, path dan google+.
4. Aplikasi Berbagi Jaringan Profesional
Pengguna atau user dari aplikasi berbagi jaringan profesional biasanya adalah kaum terpelajar seperti mahasiswa, pengamat dan peneliti. Tidak jarang juga beberapa siswa-siswa mengakses aplikasi ini. Mereka yang mengakses aplikasi berbagi jaringan profesional ini bisa disebut juga kalangan akademik yang berpengaruh dalam pembentukan opini masyarakat. Oleh karena itu, jenis aplikasi ini sangat cocok untuk menawarkan dan menyebarkan misi dibidang perdagangan yang banyak memerlukan telaah materi serta hal-hal yang memerlukan perincian data. Aplikasi ini juga efektif untuk menyebarkan dan mensosialisasikan perundang-undangan atau peraturan-peraturan lainnya. Beberapa aplikasi jaringan profesional yang cukup populer di Indonesia antara lain LinkedIn, Scribd dan Slideshare.
5. Aplikasi Berbagi Foto
Di Indonesia aplikasi berbagi foto ini sangat populer. Salah satu contoh yang paling berpengaruh adalah Instagram. Saat ini ketenaran instagram hampir mengalahkan jejaring sosial facebook karena aplikasi ini hanya fokus menampilkan foto, jadi konten tulisan dan foto tidak campur aduk seperti pada jejaring sosial facebook. Aplikasi berbagi foto lain yang banyak digunakan oleh orang-orang terutam di Indonsia antara lain Pinterest, Picasa dan Flickr.
Ciri dan Kelebihan Media Sosial
1. Ciri Media Sosial
Media Sosial memiliki Ciri-ciri berikut :
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya ditujukan untuk satu orang saja
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui Gatekeeper
- Pesan yang disampaikan lebih cepat tersebar atau sampai kepada pengguna dibanding media-media lainnya
2. Kelebihan Media Sosial
Media Sosial memiliki banyak kelebihan dibanding media-media lainnya antara lain :
- Media sosial memiliki kelebihan dibidang kesederhanaan karena lebih mudah digunakan dibanding media konvensional karena hanya membutuhkan komputer dan koneksi internet, sementara pada media konvensional dibutuhkan keterampilan tinggi dan keterampilan marketing yang unggul.
- Media sosial dapat membangun hubungan. Dibanding dengan media tradisional yang hanya melakukan komunikasi satu arah, media sosial dapat menyediakan wadah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan secara mudah dan tak terbatas.
- Media sosial dapat menjangkau segala tempat secara global dengan cepat dan mudah. Media tradisional pada penerapannya juga dapat menjangkau secara global, namun diperlukan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu Media sosial memiliki keunggulan dibidang jangkauan secara global.
- Dengan sistem tracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur dengan baik. sehingga instansi/perusahaan dapat mengetahui keefektifan promosi secara langsung. Jika dibandingkan dengan Media Tradisional, Media Sosial membutuhkan waktu yang lebih singkat dalam pengiriman pesan.
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
https://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
http://www.trigonalmedia.com/2015/08/pengertian-media-sosial-menurut-para.html
http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/01/15/buku-media-sosial-kementerian-perdagangan-id0-1421300830.pdf
BetMGM Casino Online PA - Online Gaming - JTG Hub
BalasHapusWith BetMGM 의정부 출장마사지 Casino online, 과천 출장안마 you can 용인 출장안마 play 나주 출장마사지 your favorite games including blackjack, roulette, 제천 출장샵 live dealer and video poker.