IT : Pengenalan Dunia Pemrograman


1. ELEMEN-ELEMEN DALAM PEMROGRAMAN

•          Algoritma
adalah suatu urutan dari beberapa langkah yang logis guna menyelesaikan masalah. Pada saat kita memiliki masalah, maka kita harus dapat untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan menggunakan langkah-langkah yang logis.. Sebuah program dibuat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. sehingga dibutuhkan algoritma.
•          Syntax
adalah Kumpulan aturan yang mendefinisikan suatu bentuk bahasa.  Syntax mendefinisikan bagaimana suatu kalimat dibentuk sebagai barisan/urutan dari pemilihan suatu kata dasar.  Kata dikonstruksikan dengan karakter-karakter alfabet.
•          Pustaka
Pustaka atau Library adalah kumpulan program atau fungsi yang telah ada pada compiler atau intepreter untuk memudahkan pemrogram membuat program dan tidak perlu mengakses langsung sistem komputer untuk memprogram
•          IDE + OS
IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Sedangkan OS adalah adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

2. MODEL PEMROGRAMAN

•          Struktural
merupakan model pemrograman yang terdiri dari fungsi dan prosedur. Pemrograman Struktural mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Struktural adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Contoh: Pascal, C, Delphi, dll
•          OOP (Object Oriented Programing)
merupakan pemrograman yang berorientasikan objek, dimana semua data dan fungsi dimuat dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Object dalam OOP adalah dasar dari struktur suatu bahasa pemrograman berorientasi objek, dimana objek ini memuat data dan fungsi menjadi suatu unit dalam sebuah program. Sedangkan Class merupakan kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu dalam pemrograman berorientasi objek. Class ini digunakan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik dari suatu data ataupun fungsi.
Contoh: Java, Phyton, Visual Foxpro, dll

3. PERAN BAHASA PEMROGRAMAN

•          Jaringan Komputer
Pemrograman pada jaringan komputer sering dikaitkan dengan socket programming. Socket programing adalah pemrograman dengan menggunakan socket API ( Application Socket Programming ) untuk menghubungkan komunikasi antara proses remote dan local. Socket yang dimaksud adalah mekanisme komunikasi yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. Penggunaan socket programming memungkinkan adanya komunikasi antara client dan server. Salah satu contoh sederhana penggunaan socket programming adalah pembuatan program untuk chatting.
bahasa yang sering digunakan : c, java, python
•          Database
bahasa pemrograman juga memiliki peran dalam pengolahan database seperti menambah data, menghapus, mengedit dan kegiatan lain yang bersangkutan dengan database. Bahasa pemrograman, selain itu bisa membuat GUI untuk mengolah basis data tersebut.
bahasa yang sering digunakan : java ODBC, python.
•          Internet of Things
Internet of Things, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. Dengan bahasa pemrograman, kita bisa membuat suatu alat pintar yang mampu mengontrol sesuatu yang terhubung pada jaringan internet melalui jarak jauh. contohnya adalah memasang sebuah alat agar kita bisa mematikan lampu melalui jarak yang jauh.
•          Cloud Computing (platform as a service)
Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
•          Intelligent Transportation System
Intelligent Transport System (ITS) adalah integrasi antarsistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan danpengguna jalan. bahasa pemrograman sangat berperan dalam pembuatannya. contohnya pada pengaturan lokasi parkir. para pengguna tidak perlu bingung lagi untuk mencari lahan parkir yang kosong karena telah dipasang sensor pada tempat parkir yang kosong kemudian pengguna akan diarahkan kesana. selain itu, mobil pintar yang masih dikembangkan oleh google merupakan contoh lainnya.
•          Parallel Computing
Parallel computing adalah penggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Analogi dalam parallel computing biasanya dimisalkan saat kita ingin memindahkan banyak kursi dengan satu orang saja. tentu pekerjanya akan kelelahan. berbeda dengan kita menyelesaikannya dengan gotong royong, pekerjaan akan cepat selasai dan pekerjanya tidak begitu kelelahan. begitu juga dengan komputer, dengan parallel computing, proses akan cepat selesai dan lebih efisien.
•          Bio Informatika, E-Health
bahasa pemrograman bisa digunakan untuk membuat suatu program yang berkaitan dengan dunia medis. misalnya program yang dapat mengecek golongan darah dan masih banyak lagi program lainnya.

4. TINGKATAN BAHASA PEMROGRAMAN

•          Tinggi
bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah untuk dipelajari karena istilah-istilah yang digunakan lebih mudah dimengerti dan diingat serta lebih dekat dengan bahasa manusia contoh :  c, pascal, dll
•          Rendah
bahasa tingkat rendah sangat sulit untuk dimengerti karena mendekati bahasa mesin namun dapat digunakan untuk banyak hal. contoh bahasa pemrograman tingkat rendah adalah bahasa assembly.

5. SECURITY PEMROGRAMAN

•          Kesalahan Algoritma
Kesalahan dalam algoritma dibagi empat, yaitu : syntax error, human error, command error, dan logical error kita harus berhati-hati dalam beberapa kasus, kesalahan algoritma dapat berakibat fatal. misalnya saat worm pertama kali ditemukan. worm tersebut ada secara tidak sengaja dimana worm tersebut melipat gandakan dirinya secara terus menerus dan mengakibatkan internet pada masa itu mati total.
•          Buffer Overflow
 buffer overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada di dalam suatu program tidak dapat lagi menempati tempat penampungan (database) yang ada, baik disebabkan oleh kelebihan kapasitas, maupun error yang terjadi di dalam suatu program.

6. TIPS PEMROGRAMAN

•          Pahami Algoritmanya
setiap anda ingin membuat program, pastikan anda mengerti algoritmanya. Jangan sampai program yang anda buat terdapat bugs yang menyebabkan program anda tidak berjalan sesuai keinginan. Usahakan program yang dibuat terancang dalam suatu algoritma yang logis dan efisien.
•          Kuasai Sintaks
Setelah anda membuat algoritma, maka hal kedua yang anda harus lakukan adalah mengusai sintaks dari algoritma tersebut. Sintaks wajib dikuasai bagi seorang pembuat program agar lebih memudahkannya dalam pembuatan suatu kode dalam membat penyelesain masalah yangada di dalam program tersebut.
•          Pahami Model Pemrograman
pastikan program yang anda buat, lebih cocok menggunakan model pemrograman struktural atau berbasis objek (OOP).
•          Berlatih
seringlah berlatih agar anda dapat menguasai sintaks dan menemukan penyelesaian - penyelesaian atau algoritma terhadap masalah yang ditemukan.
•          Studi kasus sehari-hari
Studi kasus juga diperlukan dalam menentukan masalah yang akan anda selesaikan dalam program anda. seringlah melakukan studi kasus agar logika kita semakin terlatih dan semakin cepat dalam menyelesaikan suatu masalah.
•          Aktif dalam Pengembangan (project, github, dll), ikutlah aktif dalam pengembangan-pengembangan program. Tujuannya agar anda lebih cepat mengetahui informasi terbaru dalam bidang pemrogaman yang akan memudahkan anda nantinya.

0 komentar:

Copyright © 2013 Yanamon